Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Jika kita melihat penjaga perpustakaan atau staf di sekolah pasti kerjanya hanya duduk dan bermain komputer saja bukan?.

Jika dilihat dengan sekilas untuk menjadi staf perpustakaan sangatlah santai, tinggal duduk dan bermain komputer saja serta tidak perlu mengeluarkan energi yang banyak untuk setiap kegiatannya.

Bisa saja itu adalah pekerjaan impian semua orang yang kerjanya santai tidak merepotkan tapi mendapat gaji yang diharapkan.

Mungkin dilihat memang sangat mudah, tetapi bagaimana tugas dan tanggung jawab sebenarnya menjadi staf perpustakaan.

Ternyata untuk menjadi staf perpustakaan tidak mudah seperti yang dibayangkan, karena staf perpustakaan merupakan tulang punggung atau penanggung jawab atas apa yang ada atau terjadi di perpustakaan.

Jadi staf perpustakaan diperlukan untuk menjaga, mengatur, mengelola, dan menjalankan kegiatan keseharian yang melibatkan atau terjadi di perpustakaan.

Nah, untuk itu pekerjaan staf perpustakaan tidak bisa diremehkan, karena untuk menjadi staf perpustakaan diperlukan keterampilan yang efektif serta tenaga yang cakap.

Kalau kita berpikir untuk menjadi staf perpustakaan sangat mudah dan santai maka kenyataan itu jika dilihat dari luar saja.

Karena jika berada di posisi untuk menjadi staf perpustakaan sangat membingungkan dan harus memiliki tenaga yang cukup supaya tidak keteteran dalam mengelola perpustakaan.

aplikasi perpustakaan

Misalnya dalam mengelola buku yang ada di perpustakaan, pasti nanti akan ada buku masuk dan keluar yang dipinjam atau dikembalikan oleh seseorang setiap harinya.

Maka untuk mendata peminjaman atau pengembalian buku yang ada di perpustakaan diwajibkan seseorang memiliki kartu perpustakaan.

Hal itu juga akan sangat membantu dan memudahkan dalam melakukan pendataan siapa, kapan, dan buku apa yang dipinjamkan.

Kalau tidak ada pendataan tersebut maka kemungkinan besar buku tersebut akan hilang dan jika ingin mengambilnya kita tidak mempunyai data siapa peminjamnya.

Tentu hal tersebut akan merugikan perpustakaan, dan untuk membuat data tersebut ada beberapa kemudahan yang bisa kita gunakan dengan menggunakan aplikasi perpustakaan.

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja aplikasi perpustakaan yang bisa digunakan untuk membuat data buku yang dipinjamkan atau dikembalikan di perpustakaan, kalian simak saja beberapa ulasan berikut ini.

10 Aplikasi Perpustakaan Gratis Dengan Fitur Lengkap

  1. BIBLIO

Mencari aplikasi perpustakaan yang kaya akan fitur didalamnya bukanlah hal sulit, karena sekarang BIBLIO hadir dengan memberikan kemudahan untuk mengelola perpustakaan.

Dengan berbagai fitur berguna yang diantaranya dapat digunakan untuk mengisi nomor indeks, nomor katalog, subjek, bahasa, judul, penulis, penerbit, koleksi, ISBN, dan tahun cetak.

Dan tidak hanya itu BIBLIO juga dapat digunakan untuk mencatat serta menambahkan item-item selain buku loh.

BIBLIO

Jadi jika di perpustakaan terdapat benda yang dipinjamkan selain buku misalnya majalah, dvd, cd, atau video maka kalian juga dapat membuat data item tersebut.

Kemudahan lain yang dapat ditemukan dari BIBLIO adalah jika terdapat buku yang tidak diperbolehkan dipinjam atau hanya boleh dibaca di perpustakaan bisa ditandai dengan “Referensi” buku.

Kemudian jika ada yang hendak meminjam atau mencari buku di perpustakaan maka BIBLIO dapat memudahkan pemeriksaan dengan mengisikan detail nomor indeks atau nomor katalog buku.

Apabila buku tersebut dipinjam maka kita dapat menandai nya dengan “presensi“ buku serta mengubah status buku tersebut sedang dipinjam atau dibaca di perpustakaan dengan menggunakan BIBLIO.

Selain diberikan kemudahan dalam mengelola perpustakaan dengan BIBLIO, data-data yang ada di aplikasi ini juga dapat salin atau backup dengan menggunakan file rar.

Nah, dengan segala fitur yang memudahkan dalam mengelola perpustakaan kami rasa BIBLIO dapat digunakan untuk mendata buku yang ada di perpustakaan.

Dan untuk mendapatkan aplikasi perpustakaan BIBLIO kalian dapat klik disini.

  1. My Ebook Library

Selain aplikasi perpustakaan kaya akan fitur yang lebih memudahkan dalam mengelola data terhadap perpustakaan.

Heizeih juga akan merekomendasikan aplikasi gudang yang bisa dibilang kaya, tetapi dalam bentuk penyimpanan file.

Kenapa dibilang kaya? Karena My Ebook Library dapat menyimpan data yang didukung berbagai format penyimpanan seperti PDF, CHM, LIT, DOC, HTM, HTML, RTF, TXT, DJVU, DJV, PDB, dan PRC.

My Ebook Library

Setelah itu fitur atau tool yang ada di My Ebook Library yang bisa disebut sederhana, pasti dengan demikian fitur yang ada didalam My Ebook Library tidak sebanyak yang ada di Biblio.

Tetapi jangan menganggap remeh aplikasi perpustakaan yang satu ini. Karena dengan menggunakan My Ebook Library para staf perpustakaan dapat menspesifikasikan lokasi hingga membantu dalam mencari buku yang ada di perpustakaan.

Selain itu My Ebook Library juga dapat digunakan dalam merubah detail buku yang meliputi perbarui cover, menambahkan ISBN, tahun terbit, judul, penulis, penerbit, hingga mengganti nama file.

Jika diantara sobat ada yang tertarik untuk menggunakan aplikasi perpustakaan ini, sobat dapat memiliki My Ebook Library dengan klik disini.

  1. Software Perpustakaan

Selain My Ebook Library yang memiliki tool sederhana dengan fitur yang melengkapi dan sangat membantu dalam mengelola data di perpustakaan.

Ternyata ada juga aplikasi perpustakaan lain yang hampir sama dengan My Ebook Library tetapi dengan rancangan yang sederhana.

Ya, kali ini Software Perpustakaan hadir dengan rancangan sederhana yang ditargetkan supaya mudah untuk di operasi kan.

Software Perpustakaan

Meskipun rancangan Software Perpustakaan sederhana tapi fitur yang ada didalam aplikasi perpustakaan ini cukup beragam dan jelas fungsinya.

Karena dengan menggunakan Software Perpustakaan sobat dapat mendata buku perpustakaan, anggota perpustakaan, cetak label barcode, kartu anggota, label buku, dan masih banyak lainnya.

Dan untuk mendapatkan Software Perpustakaan terdapat 2 versi trial dan full version, sedangkan untuk memiliki yang trial sobat klik saja disini.

  1. Learning Management System (LMS)

Dengan gaya tampilan yang menarik dan juga dilengkapi dengan fitur fungsional untuk mengelola data perpustakaan.

Maka LMS bisa dikatakan menjadi pilihan yang terekomendasi sebagai aplikasi perpustakaan untuk membuat atau merubah data rincian perpustakaan.

Library Management System

Karena dengan menggunakan LMS sobat dapat melakukan registrasi buku, murid , guru, dan registrasi donatur yang berkaitan dengan buku atau barang yang ada di perpustakaan.

LMS juga memberikan kemudahan untuk melihat atau menginformasikan entri buku supaya tidak terjadi keterlambatan saat pengembalian buku jika sudah waktunya.

Dan untuk memiliki Aplikasi Perpustakaan LMS sobat bisa klik disini.

  1. BiblioteQ

Berbagai cara mudah untuk mengubah informasi data perpustakaan seperti menambahkan, memodifikasi, menduplikasi, serta menghapus item pada menu dapat dilakukan dengan menggunakan BiblioteQ.

BiblioteQ

Kemudahan tersebut juga dapat digunakan selain untuk buku, misalnya jika di perpustakaan terdapat jurnal, majalah, DVD, CD, foto, hingga video game.

Jika sobat tertarik dengan menggunakan BiblioteQ dapat memilikinya dengan klik disini.

  1. Calibre eBook Management

Suatu kemudahan untuk mengelola ebook dengan menggunakan aplikasi perpustakaan Calibre eBook Management.

Calibre eBook Management juga didukung dengan file penyimpanan EPUB, PDF, HTML, LIT, MOBI, TOPAZ, TEXT, SNB, Comics, dan file Word processor.

Calibre eBook Management

Kemudahan lain dari aplikasi perpustakaan satu ini adalah sobat dapat menambahkan buku-buku dari file arship atau bisa juga dengan menggunakan hasil pada pencarian di ISBN.

Dengan berbagai kemudahan untuk menambahkan buku di Calibre eBook Management serta didukung dengan penyimpanan file yang cukup beragam pilihannya.

Sobat dapat memiliki aplikasi perpustakaan Calibre eBook Management dengan cara klik disini.

  1. School Library System

Jika sobat mencari aplikasi perpustakaan untuk manajemen perpustakaan sekolah maka kami sarankan untuk menggunakan School Libray System.

Karena selain untuk menambahkan detail informasi buku, sobat juga dapat membuat kartu identitas murid dari nama, kelas, usia, kelas, dan alamat.

School Library System

Selain itu School Libray System juga akan sangat membantu untuk membuat data peminjaman dan pengembalian buku yang sedang ada di murid sekolah.

Jika sobat berminat untuk menginstal School Libray System maka klik saja disini.

  1. Book Tracker Collector’s Edition

Memiliki perpustakaan pribadi tentunya diperlukan ketelitian yang extra untuk itu sobat dapat menggunakan Book Tracker Collector’s Edition.

Karena resiko yang dihadapi juga lebih besar terhadap kehilangan buku maka dengan Book Tracker Collector’s Edition sobat dapat membuat data peminjaman dan memberikan tanggal peminjaman.

Book Tracker Collector’s Edition

Mengenai fitur yang ada di Book Tracker Collector’s Edition hampir sama dengan aplikasi perpustakaan lainnya yang bisa merubah judul, kategori, penulis, memberikan ulasan, hingga kelebihan lainnya.

Jika ingin menggunakan Book Tracker Collector’s Edition maka klik saja disini.

  1. bookTome

bookTome merupakan salah satu aplikasi perpustakaan yang cocok digunakan untuk mengelola perpustakaan dan dapat digunakan secara gratis.

Jika dibandingkan dengan aplikasi perpustakaan lainnya bookTome memiliki keunggulan bisa dikatakan cukup wow.

bookTome

Karena untuk menambahkan buku di perpustakaan serta detail dari buku dapat di unduh dari Amazon, tentunya ini berbeda dari aplikasi perpustakaan lainnya.

Jika sobat tertarik untuk menggunakan bookTome sobat bisa mendapatkannya dengan klik disini.

  1. Library System

Library System merupakan aplikasi perpustakaan dengan tampilan sederhana dari JAR atau Java Archive yang bisa diandalkan untuk membantu mengelola perpustakaan.

Tetapi sebelum menjalankan Library System sobat tentukan terlebih dahulu file lokasi buku, anggota, dan peminjaman.

Library System

Dengan menggunakan Library System sobat juga dapat menambahkan buku, mencari buku, menghapus buku, membuat salinan baru, dan menampilkan daftar buku.

Ada juga fitur lain yang ada di Library System  dan akan berguna untuk melakukan registrasi anggota baru, menghapus anggota, menampilkan daftar anggota, pengembalian, dan peminjaman buku.

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana tetapi memiliki fitur yang bisa diandalkan saya rasa cukup untuk membantu mengelola perpustakaan.

Apabila sobat ingin menggunakan Library System maka download terlebih dahulu dengan klik disini.

Itulah beberapa aplikasi perpustakaan yang dapat sobat gunakan dalam mengelola, mengatur, atau menjalankan tugas sebagai staf perpustakaan.

Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi aplikasi atau tutorial bermanfaat lainnya kalian bisa mengunjungi lama situs kami.

  • Add Your Comment